Menghitung Pahala Membaca Al-Qur`an

3 Sep 2011

             Salah satu keistimewaan Al-Qur`an adalah orang yang membacanya mendapat pahala. Ibnu Mas’ud berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Quir`an), maka ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan sepuluh kali ganjaran (pahala). Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf” (HR Tirmidzi). Hadits dari Ibnu Mas’ud ini diperkuat dengan hadits serupa dari Abi Sa’id.

Rasulullah Saw. memerintahkan kita mengkhatamkan (menyelesaikan bacaan) Al-Qur`an paling cepat dalam waktu tiga hari, dan paling lambat satu bulan (30 hari). Kalau kita mengambil yang paling lambat, yaitu khatam dalam waktu satu bulan, berarti kita harus membacanya satu hari minimal satu juz. Satu juz terdiri dari 20 halaman. Memang terasa berat, apalagi bagi yang belum lancar membacanya. Akan tetapi, bila 20 halaman tersebut kita bagi lima, maka setiap usai shalat fardhu kita cukup membaca empat halaman saja.
Membaca Al-Qur`an harus dilakukan dengan tartil, dengan perlahan-lahan sesuai dengan ilmu tajwid. Ibnu Mas’ud berkata, “Janganlah kalian membaca Al-Qur`an dengan amat perlahan seperti memungut buah kurma satu demi satu, dan jangan pula membacanya dengan amat cepat seperti membaca syair. Namun, berhentilah pada keajaiban-keajaibannya dan resapilah dalam hati. Hendaklah perhatian kalian tidak terfokus pada akhir surat.”
Berdasarkan pengalaman selama ini, membaca satu juz Al-Qur`an dengan tartil rata-rata membutuhkan waktu 30 menit. Ini berarti setiap selesai shalat fardhu kita cukup menyisihkan waktu enam menit saja untuk membaca Al-Qur`an agar kita bisa mengkhatamkannya satu kali dalam satu bulan.
Marilah kita hitung berapa kebaikan yang akan kita peroleh bila kita membaca Al-Qur`an setiap selesai shalat fardhu. Setiap halaman Al-Qur`an rata-rata terdiri dari 15 baris bacaan. Dan setiap baris bacaan rata-rata terdiri dari 35 huruf. Bila satu huruf dibalas dengan 10 pahala kebaikan, maka bila membaca satu halaman Al-Qur`an, kita akan mendapat 5.250 pahala. Satu juz mendapat 105.000 pahala. Dan bila satu bulan khatam, kita akan mendapat 3.150.000 pahala kebaikan.
Bila setiap selesai shalat lima waktu kita mencicil membaca Al-Qur`an minimal empat halaman – setara dengan enam menit – maka enam menit waktu yang kita sisihkan tersebut akan dibalas dengan 21.000 pahala kebaikan. Subhanallah. Tentu saja ini balasan minimal dari Allah Swt., karena dalam Al-Qur`an disebutkan bahwa Allah Swt. akan membalas setiap amal kebaikan tanpa batas, sesuai dengan kehendak Allah Swt. Berapakah nilai satu ganjaran pahala di sisi Allah?  Tentu jauh lebih besar dari segala yang kita miliki di dunia. Wallahu a'lam. (Syamsu Hilal).
Dimuat di Rubrik Hikmah Republika (14 Juni 2010)


0 comments:

Posting Komentar

 
Syamsu Hilal © 2011 | Dikunceni Kang Zack, Kunjungi Juga Suswono, Kementan dan Atang Trisnanto